PROGRAM STUDI (S1) TEKNIK PERMINYAKAN

Program Studi Teknik Perminyakan mendalami keilmuan tentang perencanaan cadangan dan eksplorasi minyak serta pengembangan sumur produksi minyak. Keilmuan Teknik Perminyakan melingkupi keilmuan yang berinteraksi dengan keilmuan geologi, reservoir, stratigrafi dan interaksi diantara semuanya. Kurikulum Teknik Perminyakan lebih difokuskan pada teori, prinsip, dan penerapan ilmu geologi, fisika dasar, kimia dasar, statistik dan matematika dasar.

Teknik Perminyakan akan membawa rekan-rekan akan belajar mengenai minyak umi dari mulai bagaimana minyak berasal, bagaimana minyak terbentuk, proses pengeboran pengambilan minyak bumi, pengolahan lapangan minyak dan gasa, hingga perhitungan keekonomisan suatu lapangan migas. Untuk berbagai hal tersebut, secara garis besar akan dipelajari berbagai aspek mulai dari reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan sampai pada manajemen & keekonomian pengelolaan suatu lapangan minyak.

Reservoir, merupakan tempat hidrokarbon tertampung dan terkumpul secara ekonomis. Batuan reservoir merupakan batuan berpori (porous) yang menyimpan fluida termasuk hidrokarbon dilingkupi oleh batuan lain yang kedap, sehingga jarang ada hidrokarbon yang bisa keluar sendiri ke permukaan. Pengeboran merupakan kegiatan untuk membuat lubang dari permukaan hingga kedalaman tertentu dimana batuan reservoir hidrokarbon berada.

Produksi merupakan kegiatan mengalirkan hidrokarbon dari batuan reservoir hingga instalasi yang berada di permukaan. Setelah hidrokarbon sampai di permukaan, hidrokarbon dialirkan ke fasilitas permukaan, yang terdiri dari separator, yang akan memisahkan antara minyak, air, dan gas, pemisahan air atau Free Water Knock Out (FWKO) yang selanjutnya dialirkan kedalam tangki penampungan sesuai fasanya, fasa gas memiliki penampungan yang terpisah dengan minyak, dan juga penampungan air yang nantinya diinjeksikan kembali ke sumur untuk menjaga tekanan pada reservoir. Ekonomi & Manajemen meliputi analisis pengelolaan suatu lapangan minyak secara menyeluruh.

Belajar di Teknik Perminyakan sangat menantang dan menyenangkan! karena kegiatan eksplorasi (pencarian) dan eksploitasi (pengambilan) hidrokarbon sendiri meliputi berbagai bidang ilmu, maka diwajibkan berbagai matakuliah kuliah tentang Geologi, Geofisika, Elektro, Matematika, Fisika, Kimia, dan Informatika. Cadangan minyak di Indonesia diproyeksikan dapat meningkat dalam waktu kedepan ini. Hal ini disebabkan karena baru 30% saja cekungan minyak bumi (lapisan batuan yang memiliki potensi minyak bumi) di Indonesia yang di eksplotasi. Sehingga masih banyak potensi minyak dan gas yang belum ditemukan dan dieksploitasi.

Prospek Kerja

Perusahaan Minyak Nasional maupun Internasional; Pertamina, Medco, Hess, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, BP, Bidang Pemerintahan, seperti di BP MIGAS, departemen ESDM (Energi Sumber Daya Mineral), Perbankan/Asuransi, Tenaga perminyakan dibutuhkan biasanya sebagai analis resiko terhadap kredit/klaim yang diajukan dalam kegiatan eksploitasi migas, Bidang Akademis, Bagi teman-teman yang berminat dapat mengajukan beasiswa baik kepada Teknik Perminyakan ataupun Universitas asing untuk melanjutkan kuliah di dalam/luar negri, untuk kemudian menjadi peneliti/dosen.

© 2020 STT Migas Cilacap. All Rights Reserved. Built by CRTech. Designed By JoomShaper